Jumat, 27 Juli 2012

Struktur perusahaan




Suatu perusahaan memiliki bagian-bagian struktur terpenting seperti :
  • Komisaris
  • Presiden Direktur
  • Managing Direktur
  • Direktur
  • General Manager
  • Manager
  • Supervisor
  • Kepala seksi / bagian
  • Anggota
Sebuah diagram organisasi pada suatu perusahaan dapat dianalisa melalui sifat maupun suatu bentuk keputusan dari level tertinggi unit perusahaan tersebut ke level dibawah berikutnya . Suatu sistem informasi yang dimulai dari suatu organisasi baru membuat suatu rancangan sistem informasi dianalisa secara menyeluruh termasuk analisa terhadap stuktur organisasi yang ada pada perusahaan tempat sistem informasi hendak dibangun.
Sebuah perusahaan pasti mempunyai pemilik yang disebut sebagai Komisaris (owner). Di dalam suatu perseroan, diwajibkan mempunyai sekurang kurangnya satu orang komisaris independen, berasal dari luar perusahaan serta tidak mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan atau afiliasinya. pada prisipnya, komisaris bertanggung jawab dan berwenang untuk mengawasi kebijakkan dan tindakan direksi, dan memberikan nasehat kepada direksi jika diperlukan. Untuk membantu komisaris dalam menjalankan tugasnya, berdasarkan prosedur yang ditetapkan sendiri, maka seorang komisaris dapat meminta nasehat dari pihak ketiga dan/ atau membentuk komite khusus. Setiap anggota komisaris harus berwatak amanah dan mempunyai pengalaman dan kecakapan yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya. Dari diagram diatas suatu komisaris memiliki kedudukan pertama yang mempunyai bagian dibawahnya seperti Presiden Direktur, Managing Direktur. Dalam bagian perusahaan, terbagi lagi sebuah General Manager dan Manager. Pada level berikutnya terdiri Supervisor dan anggota.
Presiden Direktur bertugas mengepalai semua prosedur yang berjalan dalam suatu perusahaan. Dalam halnya seorang Presiden Direktur dibantu oleh seorang Managing Direktur yang bekerja untuk memanage berjalannya suatu pelaksana yang akan dirinci seperti misalnya sebuah kerja sama yang akan dilakukan kedalam perusahaan lain. Dalam suatu bagian-bagian terpenting yang terstruktur pada bagian diagram-digram memiliki sebuah sekertaris yang akan membantu dan mempresentasikan suatu proyek yang akan dikerjakan. Direktur memiliki peranan memimpin dan mengkoordinasikan semua kegiatan. Dan posisi General Manager orangnya harus bisa mengatur suatu pekerjaan dan harus bisa juga mengevaluasi pekerjaan yang sudah selesai. Orang yg menduduki posisi tsb adalah orang yg mempunyai wawasan yg cukup luas baik itu dlm pekerjaannya sendiri maupun diluar perkerjaannya antara lain utk mendptkan suatu job pekerjaan yg akan datang tentunya. Tugas Manager adalah sebagai pemegang tampuk kepemimpinan dalam suatu perusahaan yang mampu menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan usaha dan iklim yang kondusif di dalam kehidupan organisasional, meningkatkan proditivitas kerja karyawan/pegawai dengan memberikan contoh ataupun sebuah arahan yang baik serta mempunyai gaya yang produktif. Seorang Supervisor dalam sebuah perusahaan berfungsi sebagai mengawasi atau mengamati suatu kegiatan yang dijalankan dalam sebuah perusahaan. Seorang Supervisor tidak berkenan untuk mengatur yang ada dalam perusahaan. Perusahaan juga memiliki kepala bagian/seksi yang mempunyai beberapa anggota yang mengikutsertakan pada berjalannya suatu kegiatan yang ada.
Sebuah perusahaan akan memiliki kualitas yang baik jika semua dikerjakan dan dilakukan oleh kerja sama yang baik juga . Tidak memonopoli atau melakukan sebuah kecurangan dalam sebuah proyek yang akan dikerjakan . Dengan ini perusahaan lain akan melihat sebuah eksperimen untuk melakukan kerja sama yang mungkin akan bisa menguntungkan satu sama lain . Semua ini dilakukan demi memajukan sebuah perusahaan yang dimilik sebagai implementasi setiap perusahaan yang akan bermodal tinggi dan mungkin bsa melakukan kerja sama dengan perusahaan asing yang akan menghasilkan nilai keuntungan yang sangat tinggi . Sebuah perusahaan tidak perlu memiliki perusahaan yang besar hanya dengan bermodalkan kerja sama yang baik perusahaan mungkin dapat berkembaang . Apalagi misalnya kecurangan yang pernah kita lihat dalam perusahaan hanya untuk mengambil keuntungan semata untuk pribadi . Kenyamanan saling menghargai suatu bagian satu sama lain juga diperlukan dalam sebuah perusahaan . Bagian paling tinggi juga tidak berhak mehakimi suatu karyawan hanya dalam masalah yang sepele atau melihat bagian yang terkecil. Perusahaan akan lebih merasa nyaman bila ada suatu kekerabatan yang mungkin bisa menjadi suatu nilai positif dalam sebuah perusahaan.

sumber: http://anggiikiyudh.blogspot.com/2010/02/struktur-organisasi-dari-suatu.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar